10 Tips Menjadi Remaja Muslimah Sejati Menurut Islam. Sudah Tahu Belum Sist? Kamu Wajib Tahu Nih

muslimah sejati menurut Islam
Sumber ilustrasi Pixabay.com

Meskipun di akhir zaman ini banyak teman-teman muslimah kita yang error, namun alhamdulillah tak sedikit pula ada teman-teman muslimah kita yang mulai pada hijrah. Mereka mulai pada suka mengenakan kerudung, mengenakan gamis syar’i, membaca buku-buku Islam, menghadiri kajian Islam, membaca dan men-share postingan tentang Islam di social media, dan sebagainya.

Tentu semangat tersebut merupakan hal bagus, yang sudah sepatutnya kita syukuri dan apresiasi. Namun, sayangnya, masih banyak pula yang belum total menjadi muslimah sejati. Masih ada yang suka pacaran, mudah baper, mudah galau, termakan opini kesetaraan gender, dan sebagainya.

Nah, maka dari itu, perlulah untuk terus senantiasa memperbaiki diri, agar bisa menjadi muslimah sejati sebagaimana menurut Islam apa adanya. Setidaknya, ada 10 tips untuk jadi muslimah sejati itu. Berikut ini dia.

1. Menjawab dengan mantap pertanyaan mendasar

Ada tiga pertanyaan mendasar. Di antara berbagai macam pertanyaan yang ada, tiga pertanyaan berikutlah yang paling dasar:

  • Dari mana asal-muasal manusia?
  • Untuk apa manusia hidup di dunia ini?
  • Akan ke mana ia setelah mati?

Setiap orang, pasti menanyakan hal tersebut atau yang serupa. Terlebih saat dia sudah memasuki masa remaja. Pasti kamu juga pernah memikirkan hal tersebut atau yang serupa bukan?

Nah, seorang muslimah sejati haruslah bisa menjawabnya secara shahih. Sebagaimana yang pernah dibahas pada artikel “Tujuan Hidup Manusia”, maka, jawaban yang shahih adalah:

  • Manusia diciptakan oleh Allah subhanahu wata’ala
  • Tujuan hidupnya di dunia adalah untuk mengabdi kepada Allah
  • Setelah wafat, manusia akan dibangkitkan kembali dan dimintai pertanggungjawaban atas pilihan-pilihannya selama hidup di dunia

Inilah keyakinan dasar seorang muslimah sejati, yang kemudian membuat kehidupannya menjadi jelas arahnya.

cara menjadi muslimah yang baik
Sumber ilustrasi: herydhe.blogspot.co.id

Apabila ada yang keyakinan dasarnya tidak seperti ini, maka ia akan gampang gelisah, tak terarah, dan hidup serasa hampa. Sehingga, dia melakukan apa saja macem-macem sebebas-bebasnya, tanpa mau tahu apakah perbuatannya itu diridhai Allah tau tidak.

2. Menjadikan Islam ibarat gerbong kereta api terdepan

wanita solehah dalam islam
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Yang namanya gerbong kereta api terdepan, pasti akan diikuti oleh gerbong-gerbong lainnya yang berada di belakang.

  • Bila gerbong terdepan belok kanan, maka gerbong yang lain pun ikut belok kanan.
  • Bila gerbong terdepan belok kiri, maka gerbong yang lain pun ikut belok kiri.
  • Bila gerbong terdepan tetap jalan lurus, maka gerbong yang lain pun ikut tetap jalan lurus.
  • Bila gerbong terdepan berhenti, maka gerbong yang lain pun ikut berhenti.

Nah, begitulah ibarat Islam dan kebutuhan serta keinginan kita. Muslimah sejati pasti menjadikan Islam yang terdepan. Tatkala ada kebutuhan dan keinginan, maka ia memastikan bahwa kebutuhan dan keinginan itu harus sesuai Islam. Tidak boleh bertentangan dengan Islam. Pokoknya harus ikut sesuai Islam.

  • Yang wajib harus dilakukan, nggak boleh ditinggalkan.
  • Yang haram harus ditinggalkan dan dijauhi, nggak boleh dilakukan.
  • Kalau tidak tahu hukumnya, harus cari tahu dulu, boleh atau nggak.
Artikel Lainnya:  Apakah Tuhan itu Ada? Begini Bukti Adanya Tuhan

Jangan malah sebaliknya, kok Islam malah diletakkan di belakang, justru hawa nafsu yang di terdepan. Sehingga, akhirnya Islamnya malah diutak-atik mengikuti hawa nafsu. Hiih!! Na’udzubillahiminzalik! Jangan sampai deh! >_<

3. Senantiasa semangat belajar dan terus belajar

ciri ciri wanita muslimah
Sumber foto: istimewa

Meski memang semangat berhijrah itu sudah bagus banget, tapi tentunya semangat saja belum cukup. Harus juga dibarengin dengan ilmu. 🙂

Misal khawatirnya nanti kalau terlalu semangat tanpa ilmu, jadinya ada yang ditambah-tambahi padahal tidak boleh ditambah-tambahi seperti itu, hehehe.. ^_^

Nah, maka dari itu, yah itu tadi, sangatlah penting bagi kita untuk senantiasa belajar terus.. Baca kitab, datengin majelis ilmu dan kajian.. 😀

طلب العلم فريضة على كل مسلم

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim “(HR. Ibnu Majah)

ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة

Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah akan mempermudah baginya jalan menuju Surga.” (HR Muslim)

4. Senantiasa menjaga kehormatannya

Yang pasti muslimah sejati itu menutup auratnya saat di tempat umum dan di hadapan yang bukan mahramnya. Yakni, seluruh anggota tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Karena itu wajib hukumnya. Dan tentunya harus istiqamah… ^_^

5. Istiqamah menjaga interaksinya dari yang tidak syar’i

Menjaga interaksi juga bagian dari menjaga kehormatan, sama wajibnya seperti menutup aurat.

Misalnya, tidak sembarangan berinteraksi dengan laki-laki yang bukan mahram. Kalau berinteraksi dengan yang bukan mahram, hanya bila ada keperluan saja. Seperti misalnya jual-beli, pendidikan, medis, ibadah, dan lain-lain. Tidak boleh kalau tidak penting seperti misalnya bercanda-canda apalagi sampai curhat-curhatan nggak penting.

Apalagi sampai pacaran, duh, itu parah banget. Nggak boleh itu… Atau ada lagi modus lainnya, judulnya memang bukan pacaran, tapi fakta interaksinya seperti orang pacaran, chatting-chatting mesra gitu, itu nggak boleh juga..

Kalau seperti itu, nggak terhormat banget.. terus apa bedanya dong suami dengan laki-laki asing? Kok sama-sama boleh cair gitu..??

6. Kepingin teman-teman dan saudara-saudara lainnya juga merasakan manisnya iman Islam

Memang nikmat rasanya bisa (insyaAllah) semakin dekat dengan Allah. Namun muslimah sejati, pasti tidak akan hanya menikmati manisnya iman itu sendirian. Tidak hanya sibuk sholat sendiri, dzikir sendiri, dan beribadah sendiri. Pasti dia kepingin agar teman-teman dan saudara-saudaranya juga berhijrah agar semakin dekat dengan Allah juga.

menjadi muslimah sejati
Sumber ilustrasi: facebook.com/dakwahmuslimah

Maka, muslimah sejati bukan hanya rajin menuntut ilmu dan beramal sholeh, namun juga rajin berdakwah. Misalnya, mencoba mengajak teman-temannya untuk ikut menghadiri kajian Islam juga..

7. Sibuk mempersiapkan diri untuk menjadi istri dan ibu yang baik

Ilustrasi oleh: fiyalayanfa2

Di akhir zaman ini lumayan tidak sedikit perempuan yang suka hura-hura. Keluyuran seharian tanpa tujuan yang jelas, pacaran, berpakaian seksi, kebanyakan menikmati musik dan film asing, terlalu lebay mengurusi fashion, asal pamer hasil selfie-nya ke publik, dan sebagainya.

Artikel Lainnya:  Tak Usah Khawatir Dituduh Radikal Oleh Orang, Asal Kita Diridhai Oleh Allah Bila Ta'at Syariat

Waktu, tenaga, dan uangnya banyak habis untuk hal-hal itu.  Bahkan nyaris tak terpikirkan bahwa dia tidak selamanya bisa seperti itu terus, karena kelak ia akan menjadi seorang istri dan ibu.

Sesungguhnya, muslimah sejati khususnya yang remaja adalah yang senantiasa mempersiapkan diri belajar apa saja kewajiban seorang istri kelak, apa saja hak-hak suami, kewajiban seorang ibu, hak-hak anak, bagaimana tips-tips menyenangi suami, bagaimana metode mendidik anak, bagaimana cara merawat anak-anak, tips-trik peralatan rumah tangga, dan sebagainya. Ini jauh lebih penting. Lagian memang wajib hukumnya.

Selain itu, daripada sibuk menikmati hiburan-hiburan, lebih baik sibuk mengikuti berita penting terkini. Karena itu dapat membantu agar memiliki wawasan yang luas. Sedangkan wawasan yang luas diperlukan dalam rangka untuk merawat suami dan anak-anak, agar jangan sampai mendapatkan masalah besar.

8. Berusaha menjadi teladan

Musliah sejati tentu senantiasa agar bisa menjadi teladan, baik menjadi teladan bagi suami, anak-anak, juga muslimah lainnya.

Memang normalnya suamilah yang menjadi teladan bagi istrinya, namun, bisa saja mungkin ada kalanya sesekali suami sedang malas melakukan satu atau dua atau beberapa hal. Nah, kalau sudah seperti itu, maka haruslah sang istri menyemangati sang suami. Caranya, bisa dengan kata-kata, atau memberikan contoh keteladanan. Semoga, dengan begitu, sang suami menjadi terinspirasi untuk semangat melakukannya juga.

Selain itu, tentu harus bisa menjadi teladan bagi anak-anak. Bila ingin anak-anak rajin mandi, rajin rapih, rajin bersih, rajin belajar, rajin beribadah, rajin ngaji, dan rajin lainnya; maka pasti dimulai dari sang ibunya harus mencontohkannya.

muslimah sejati menurut islam
Sumber ilustrasi: slidehot.com

Dan tentu bukan hanya menjadi teladan bagi suami dan anak-anak, namun juga menjadi teladan teman-teman muslimah lainnya.

Meski memang untuk menjadi teladan itu butuh proses. Tidak bisa instan. Namun, paling tidak, yuk semangat mengusahakannya. ^_^

9. Berprestasi dan senang berkontribusi

wanita muslimah sejati
Sumber foto: Istimewa

Muslimah sejati bukanlah tukang galau nggak jelas yang mikirin cowok nggak jelas melulu, hehehe.. 😛

Muslimah sejati pasti ingin senantiasa berprestasi dan berkontribusi. Berfikir, bagaimana bisa menjadi sangat berjasa untuk peradaban Islam. Beberapa caranya, yaitu:

  • Berdakwah
  • Membantu sang suami yang berjuang juga
  • Membesarkan anak-anak yang sholeh dan sholehah
  • Dan lain-lain..

10. Tetap rendah hati dan tidak sombong

Sumber gambar: DeviantArt.com

Nah, meskipun sedang berusaha maupun sudah berhasil menjadi muslimah sejati sebagaimana yang dipaparkan pada sembilan poin sebelumnya, pastinya muslimah sejati itu tetap rendah hati. Tidak riya, tidak ujub, tidak sum’ah, dan tidak sombong.

Justru dengan semakin banyak ia belajar, beramal, dan berdakwah; jadi membuat dirinya menjadi lebih rendah hati, santun, berakhlak, dan takut kepada Allah.

Karena memang menjadi muslimah sejati itu bukan soal trend dan gaya-gayaan untuk dipamerkan, yang kadang juga bisa jadi nggak trend lagi. Tidak. Tidak seperti itu! Melainkan menjadi muslimah sejati semata-mata dalam rangka mencari ridha Allah, karena memang itulah tujuan hidupnya.

BAGIKAN
Nisi
Senang menulis dan berbagi.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar