5 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat, Penting Disimak Nih, Apalagi Sekarang Musim Hujan

cara mengeringkan sepatu dengan cepat
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Ada banyak situasi yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Salah satunya adalah kehujanan.

Kadang-kadang, situasi tertentu memaksa kita untuk hujan-hujanan ketika pulang kerja, pulang dari sekolah atau mungkin pada situasi tertentu lainnya.

Yang menghawatirkan, sepatu yang kita gunakan, yang hanya satu-satunya terpaksa juga harus ikut-ikutan basah padahal harus dipakai lagi esok harinya.

Memakai sepatu basah tentu saja sangat tidak nyaman.

Memakai sepatu basah artinya memakai kaos kaki basah dan kaki pun akan basah.

Memakai sepatu basah tidak hanya membuat kita merasa tidak nyaman, melainkan juga bikin bau kaki jadi benar-benar menggangu.

Mau tidak mau, kita harus mengeringkan sepatu tersebut sebelum digunakan kembali di keesokan harinya.

Tapi bagaimana caranya mengeringkan sepatu dengan cepat? Mengeringkan sepatu dalam waktu satu malam saja? Coba cara berikut ini.

1. Keringkan dengan menggunakan hair dryer

cara mengeringkan sepatu di malam hari
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Hair dryer adalah salah satu alat yang bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan sepatu dalam waktu singkat. Udara panas yang dihasilkan oleh hair dryer mampu dengan cepat menguapkan air yang ada pada sepatu sehingga membuatnya lebih mudah kering.

Jika menggunakan hair dryer untuk mengeringkan sepatu, mulailah dengan membuka tali sepatu dan mengeluarkan alas kaki di bagian dalamnya jika memungkinkan. Ini akan membuat sepatu jadi lebih mudah diekspos dan dikeringkan bagian dalamnya.

Peras atau pijat kantong-kantong air yang mungkin dicurigai mengandung banyak air sebelum kemudian coba dikeringkan. Mulailah dengan mengeringkan bagian luar sepatu, kemudian ikuti dengan mengeringkan bagian dalamnya. Namun ingat! jangan pernah meninggalkan hair dryer di dalam sepatu tanpa pengawasan. Karena hal tersebut bisa menyebabkan sepatu terbakar dan rusak.

2. Keringkan dengan menggunakan kipas angin

cara mengeringkan sepatu sekolah
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Kipas angin adalah benda kedua yang efektif untuk mengeringkan sepatu karena angin yang dihasilkan oleh kipas mampu mempercepat proses penguapan air. Jadi kalau suatu saat Anda membutuhkan pengering sepatu super cepat, jika tidak punya hair dryer, Anda bisa mengandalkan kipas angin di rumah.

Ukuran dan kekuatan kipas sangat berpengaruh terhadap kemampuannya mengeringkan sepatu. Kipas yang berukuran besar, yang mampu menghembuskan angin cukup kuat akan lebih baik dibandingkan dengan kipas kecil.

Cara mengeringkan sepatu basah dengan kipas angin adalah, terlebih dahulu buka tali sepatu dan alas kaki dibagian dalamnya kemudian pijat-pijat bagian yang masih menyisakan air pada area tertentu seperti di bagian tumit dengan menggunakan kertas koran atau dengan menggunakan handuk kering agar bisa membantu menyerap sisa-sisa air. Dengan begitu, sepatu akan lebih mudah dan lebih cepat untuk dikeringkan.

Artikel Lainnya:  Cara Membuat Infokus Proyektor Smartphone dengan Kotak Sepatu, Cobain Yuk!

Kemudian Letakkan tali sepatu, alas kaki, dan sepatu tersebut di depan kipas dengan bagian atas mengarah langsung ke arah kipas sehingga, bagian dalam sepatu akan langsung terkena terpaan angin. Kipas harus fokus ke satu arah, yaitu kearah sepatu. Biarkan kipas melakukan pekerjaannya hingga esok pagi, dan Anda bisa melakukan aktivitas yang lain atau beristirahat.

3. Keringkan dengan menggunakan tisu

cara mengeringkan sepatu tanpa dijemur
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Selain dengan mengandalkan udara panas, mengeringkan sepatu juga bisa dilakukan dengan menggunakan benda-benda yang bisa menyerap air. Salah satu benda yang bisa menyerap air dengan cepat adalah tisu. Tisu jauh lebih efektif dibandingkan dengan kertas koran atau jika dibandingkan dengan handuk sekalipun.

Salah satu kelemahan menggunakan tisu untuk mengeringkan sepatu adalah pemakaian tisu yang boros. Namun jika Anda tidak masalah dengan hal tersebut, maka cara ini bisa dicoba.

Tips mengeringkan sepatu dengan menggunakan tisu atau koran:

  • Terlebih dahulu buka tali sepatu dan keluarkan alas kaki jika memungkinkan, agar air-air yang tersisa di dalam sepatu bisa dikeluarkan dengan mudah.
  • Terlebih dahulu peras atau pijat kantong air pada sepatu boleh dengan menggunakan handuk kering atau langsung menggunakan tisu. Lakukan terus sampai kira-kira tissue tidak lagi terlihat menyerap air.
  • Setelah itu, manfaatkan kipas angin untuk menguapkan sisa-sisa air yang tidak mampu diserap tisu, yang terdapat pada kain atau busa sepatu.

4. Keringkan dengan menggunakan lampu pijar

cara mengeringkan sepatu dengan cepat tanpa sinar matahari
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Lampu pijar atau yang banyak dikenal dengan istilah bohlam adalah lampu yang mampu menghasilkan panas. Banyak manfaatkan untuk menghangatkan kandang ayam atau untuk proses pemanasan di bidang industri lainnya. Karena menghasilkan panas layaknya sinar matahari, maka lampu pijar bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengeringan sepatu.

Setelah sepatu yang basah Anda pijat-pijat dengan menggunakan tisu atau handuk yang kering untuk menghilangkan sisa-sisa air yang ada di bagian luar maupun dalam sepatu, selanjutnya Anda bisa menghangatkan sepatu tersebut menggunakan lampu pijar.

Artikel Lainnya:  Sering Gagal Fokus & Produktif Gara-Gara Diganggu Facebook, Youtube, Dll? Atasi dengan 4 Aplikasi Ini

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan beberapa peralatan listrik agar lampu pijar bisa menyala dan bisa diletakkan di tempat tertentu. Jika memungkinkan, Letakkan sepatu yang akan dikeringkan dan lampu di dalam sebuah box tertutup berukuran sedang sehingga panas yang dihasilkan oleh lampu pijar akan terkonsentrasi.

5. Keringkan dengan menggunakan alat pengering sepatu elektrik khusus, biar lebih cepat dan aman

jual alat mesin pengering sepatu elektrik
Sumber ilustrasi: Shop.TeknikHidup.com

Ini adalah Alat Pengering Sepatu Elektrik. Sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk mengeringkan sepatu dengan cepat.

Alat ini adalah solusi bagi Anda yang sepatunya basah. Ntah basah karena kehujanan, kebanjiran, atau memang barusan dicuci.

Cara kerjanya, setelah alat ini dinyalakan, maka dia akan mengeluarkan udara hangat-panas gitu.

Biasanya agar kering membutuhkan waktu kira-kira 1 jam jika lembab, atau 3 jam jika sangat basah. Inilah keunggulannya, insyaAllah kinerjanya ampuh dan lumayan cukup cepat. Namun, tetap aman, tidak membahayakan.

Bisa juga untuk mengeringkan barang lain seperti misalnya sarung tangan.

Hanya dengan Rp72.000 saja, Anda dapat memesan Alat Pengering Sepatu Elektrik ini di Shop.TeknikHidup.com, agar kemudian bisa Anda gunakan untuk mengeringkan sepatu Anda yang basah dengan cepat.

Cara cepat mengeringkan sepatu yang tidak dianjurkan

Selain dengan cara-cara di atas, beberapa cara di bawah ini bisa dimanfaatkan. Hanya saja tidak dianjurkan.

  • Mengeringkan sepatu dengan menggunakan microwave. Walaupun bisa dengan cepat mengeringkan sepatu, namun mengeringkan sepatu menggunakan microwave sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kerusakan pada sepatu. Namun jika terpaksa harus menggunakan microwave, microwave hanya digunakan untuk jenis sepatu berbahan katun atau sintetik. Sepatu yang menggunakan sol berbahan gel, sepatu selop, sepatu kets, atau sepatu olahraga sangat tidak dianjurkan dimasukkan ke dalam microwave.
  • Mengeringkan sepatu dengan menggunakan mesin cuci juga bisa dilakukan. Namun sangat tidak dianjurkan karena dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada sepatu atau sebaliknya, menyebabkan kerusakan pada mesin cuci.

Nah, setidaknya, begitulah tips yang insyaAllah ampuh terkait penanganan sepatu yang basah.

Semoga bermanfaat yaa.. 🙂

Boleh juga silahkan Anda share artikel ini ke sahabat ataupun saudara Anda yang membutuhkan.. 😉

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...

Bagaimana menurut Anda?

Komentar