Aneh! Kata Orang, Begini Biasanya 6 Ciri Laki-Laki Jantan (Tapi Bisa Jadi Mereka Salah)

ciri-ciri-laki-laki-jantan

Banyak orang yang mengklaim, bahwa laki-laki yang jantan itu adalah yang melakukan begini-begitu. Sehingga kalau tidak seperti itu, dianggap tidak jantan. Sebenarnya bisa jadi ungkapan tersebut termasuk ungkapan alay. Karena asal ngeklaim saja, dan tidak berdasar.

Nah, sehemat yang saya amati, setidaknya kata mereka ada 6 ciri laki-laki yang jantan itu. Berikut ini dia.

1. Laki-laki jantan itu kalau merokok. Nggak ngerokok, nggak jantan.

Di sekitar lingkungan saya dulu, ada sekumpulan bocah yang pro-merokok, karena katanya laki-laki kalau nggak merokok itu nggak jantan dan nggak keren.

Sialnya, sebagian temannya malah percaya dengan pendapat bathil tersebut. Sehingga, akhirnya ia ikut merokok karena ia khawatir nanti dirinya jadi nggak gaul, nggak dianggap keren, dan nggak jantan.

2. Laki-laki kok membawa mobil/motor matic. Dasar banci. Itu kan mobil/motor cewek.

Ada juga yang beranggapan bahwa laki-laki jantan itu seharusnya senantiasa bisa mengendarai kendaraan manual (non-matic).

Karena, klaimnya bahwa kendaraan matic tersebut seharusnya untuk perempuan (saja).

Sehingga kalau laki-laki kok hanya bisa mengendarai kendaraan matic (saja), tidak bisa manual, maka laki-laki tersebut dicemooh banci.

3. Laki-laki kalau nggak suka sepak bola, dipertanyakan kejantanannya

Kurang-lebih kalimat seperti itu, saya dengar dari ungkapan salah seorang tentor Bimbel. Anehnya, teman saya malah mengiyakan, “Betul. Betul itu..” begitu kurang-lebih katanya.

4. Simpel sebenarnya, laki-laki yang jantan itu adalah yang bisa ‘memiliki anak’.

Nah, menurut saya, kalau yang nomor satu hingga tiga di atas sebelumnya merupakan klaim yang alay nan ngawur, maka yang nomor empat ini klaimnya lumayan masuk akal. Kalau peryataan ini saya dapatkan dari seorang tentor di suatu Bimbel juga, tapi dari Bimbel yang lain.

Iya, saya kira ungkapan tersebut lumayan ada benarnya juga. Coba kita pikirkan. Apalah artinya kalau ada seorang laki-laki yang dia itu merokok, biasa membawa kendaraan manual, suka ngikutin sepak bola; tetapi tidak mampu membuat istrinya hamil? Saya kira lumayan masuk akal bahwa sejatinya dia tidak jantan, hehehe.

Mohon maaf sebelumnya apabila dari Anda yang kurang berkenan. Tentunya sejatinya kehamilan seorang istri itu adalah atas izin Allah. Namun, di sini konteksnya adalah ingin mencoba menguji seberapa serius kah orang yang mengklaim dirinya jantan namun ternyata dia tidak benar-benar bisa mempertanggungjawabkan makna jantan sebenarnya, padahal di sisi lain dia suka mem-bully orang-orang yang tidak jantan menurut dirinya.

Artikel Lainnya:  Ada 21 Tipe Mahasiswa di Kampus, yang Manakah yang Terbaik dan Harus Kita Ikuti?

5. Jantan itu kalau serba berani melakukan banyak hal

Ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa laki-laki yang jantan adalah yang serba berani melakukan beberapa atau bahkan bisa banyak hal. Sehingga, apabila ada seseorang yang beberapa kali ketika diminta maupun disuruh melakukan sesuatu, kemudian dia sering tidak mau karena takut, maka orang tersebut disebut tidak jantan. Kemudian sedangkan orang yang sering mau berani melakukan hal tersebut, disebut jantan.

Sehingga, maknanya adalah yang jantan itu adalah yang berani. Sedangkan yang tidak jantan itu adalah yang banyak takutnya.

6. Jantan itu kalau kuat fisiknya

Klaim yang keenam ini agak mirip dengan yang kelima sebelumnya. Intinya, ciri laki-laki jantan yang sebenarnya adalah yang kuat fisiknya. Bisa kuat melakukan beberapa pekerjaan. Misalnya, kuat mengangkat barang-barang yang berat.

Sehingga, menurut orang yang berpendapat seperti ini, bila ada laki-laki yang kok sering nggak bisa melakukan beberapa pekerjaan karena fisiknya lemah, maka dia tidak disebut jantan.

Sebenarnya yang benar yang mana?

Nah, yang benar yang mana? Kalau menurut kami, ada baiknya kita coba cek KBBI. Di KBBI tersebut tertulis begini:

jantan/jan·tan/ n 1 yang berjenis kelamin laki-laki (hanya untuk binatang dan tumbuh-tumbuhan seperti ayam — , sapi — , kuda — , bunga — , pepaya —; di beberapa daerah dipakai juga untuk manusia; 2 ki gagah dan berani: siapa yang — turunlah!; 3 ki (tentang benda) dianggap berjenis laki-laki (yaitu: besar, lancip, panjang, dan sebagainya): busut — , embun — , kasau — , paket –;

berjantan/ber·jan·tan/ v kas bersetubuh (bagi orang perempuan);menjantani/men·jan·tani/ v mengawini; menyetubuhi (tentang binatang);

pejantan/pe·jan·tan/ n binatang jantan (sapi dan sebagainya) yang menjadi bibit; pemacek;~ unggul ternak jantan yang telah dibuktikan (diuji) keunggulannya dalam membuahkan keturunan;

kejantanan/ke·jan·tan·an/ n sifat-sifat jantan yang diperlihatkan oleh seekor ternak jantan, seperti bentuk badan yang gagah perkasa dan agresif, kepala kasar, otot leher kuat;

Artikel Lainnya:  10 Quotes Keanehan Perilaku Sosial Orang Zaman Sekarang, yang Membuat Kita Bingung dan Merenung

perjantanan/per·jan·tan·an/ n perihal berjantan

Kalau begitu, dapat kita simpulkan:

  1. Klaim pertama yang mengatakan bahwa laki-laki jantan itu yang merokok, itu jelas salah.
  2. Klaim kedua yang mengatakan bahwa laki-laki jantan itu yang senantiasa membawa kendaraan manual. Pendapat ini mungkin bisa benar, tapi menurut kami cenderung salah. Bisa benar kalau maksud jantan itu adalah yang kuat. Sehingga, yang tidak kuat tidak jantan. Namun tentunya tidak bisa digeneralisir. Melainkan kalau memang lemahnya saja. Tetapi ini tetap salah, karena di KBBI jantan itu bisa berarti kuat pada hewan, bukan kuat manusia. Mungkin jantan itu berarti kuat pada manusia, menurut pengertian tersirat tak tersurat bahasa sehari-hari kita.
  3. Klaim ketiga yang mengatakan bahwa jantan itu kalau suka ngikutin sepak bola, itu jelas salah. Namun seperti poin nomor 2 di atas, mungkin bisa jadi benar kalau didetailkan maksudnya ngikutin sepak bola itu berarti dia punya kekuatan fisik yang juga biasa dipakai untuk bermain sepak bola, sementara pendapat mereka kuat itu sama dengan jantan. Namun kalau umum saja suka sepak bola sama dengan jantan, tentunya yah salah.
  4. Klaim keempat tersebut bisa benar juga. Karena yang satu ini barulah cocok sebagaimana yang dipaparkan di KBBI.
  5. Klaim kelima tersebut pun bisa benar juga. Karena cocok dengan yang dipaparkan KBBI.
  6. Klaim keenam tersebut tidak benar karena tidak ada penjelasannya di KBBI bahwa jantan itu sama dengan kuat fisik pada manusia. Melainkan lebih tepatnya kuat fisik pada hewan. Walau lumayan sering dipakai oleh orang-orang bahwa jantan itu artinya kuat fisik.
  7. Nah, kalau menurut kami, pendapat yang paling kuat adalah: Jantan-betina itu kan istilah jenis kelamin hewan dan tumbuhan, bukan manusia.

Tambahan…

Saya kira, sebetulnya ini pembahasan yang nggak penting. Jangan biasakan membahas sesuatu yang nggak penting. Daripada berusaha bagaimana agar menjadi laki-laki yang jantan, mending kita bahas bagaimana berusaha agar jadi laki-laki yang istiqomah beriman dan bertaqwa aja. Itu jelas yang terpenting, karena memang akan dimintai pertanggungjawabannya di Akhirat kelak kan, hehehe.

Kalau nggak penting terus ngapain dibahas? Yah supaya bisa ditunjukkan betapa tidak pentingnya, hehehe.. :V Tapi cukup sekali dan sekilas saja, nggak usah berlama-lama.

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...