9 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar yang Ampuh

cara mengatasi anak malas belajar

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda, mulai dari cara mengontrol emosi, hingga kemampuan belajarnya.

Kemampuan belajar anak pun berbeda-beda, ada anak yang memang rajin belajar, dan ada pula anak yang malas. Namun kita sebagai orang dewasa harus memahami hal tersebut dan mendampingi mereka agar kegiatan belajar menjadi maksimal, terlebih lagi kepada anak yang malas belajar.

Maka berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi anak malas belajar:

1. Tanamkan Bahwa Belajar itu Menyenangkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merubah pola pikir anak terhadap belajar.

Tidak sedikit anak yang berpikir bahwa belajar merupakan kewajiban yang membosankan, yang memaksa mereka untuk tidak bermain dan meninggalkan apa yang mereka gemari. Tugas Anda disini adalah merubah pola pikir mereka.

Karena pola pikirlah yang mengendalikan diri seseorang untuk melakukan sesuatu.

Ajak anak untuk berpikir bahwa belajar merupakan hal yang sangat menyenangkan. Mengapa menyenangkan, bukannya membosankan? Belajar sangatlah menyenangkan karena dapat memberi pengetahuan mengenai hal baru. Dengan belajar, segala pertanyaan yang hinggap di kepala mereka dapat terjawab.

Buatlah mereka berpikir bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan, bukanlah sekadar ‘keharusan’ yang memaksa.

2. Ajak Anak Membuat Jadwal Belajar

Bila anak Anda belum pernah membuat jadwal belajar, hal ini merupakan salah satu hal yang baik untuk dicoba. Libatkan anak secara penuh dalam pembuatan jadwal ini. Aturlah jadwal menjadi jadwal yang menyenangkan.

Seimbangkan jadwal belajar dengan jadwal main sehingga anak tidak merasa jenuh dan terbebani atas hal tersebut. Jadwal belajar yang dibuat pun baiknya dengan persetujuan anak, usahakan jangan Anda buat hanya berdasarkan keinginan Anda.

Setelah membuat jadwal belajar, Anda juga harus menjadi orang tua yang tegas sehingga dapat memperingati anak untuk belajar sesuai jadwal. Ingatkan anak secara baik-baik mengenai keputusan jadwal belajar yang harus dipatuhinya.

Hal ini sangat penting untuk diterapkan agar anak terbiasa pada jadwal belajar. Kebiasaan tersebut dapat membawa anak menjadi tidak malas hingga ia besar.

3. Memberikan Suasana Belajar yang Nyaman

Sama seperti Anda ketika bekerja, tentunya suasana merupakan hal yang akan menentukan kenyamanan Anda dalam bekerja, bukan?

Sama hal nya seperti anak, anakpun akan merasa lebih senang dan bersemangat apabila ia belajar di tempat yang nyaman, bersih, dan asri dari pada tempat yang berisik dan kotor. Maka dari itu, kita orang tua lebih baik memberikan anak suasana yang nyaman sesuai dengan kebutuhan.

4. Selalu Mendukung Anak

Dukungan dari orang tua merupakan doa terkuat yang diperoleh seorang anak. Berikan dukungan dan kata-kata positif kepada anak sehingga anak merasa percaya diri dan disayangi oleh Anda.

Perkataan orang tua kepada anak akan sangat berarti buat anak, apalagi perkataan dukungan dan motivasi.

Janganlah Anda berbicara kasar yang dapat menyakiti dan membuat anak menjadi pesimis.

5. Dampingi Anak Ketika Belajar

Dampingilah anak ketika mereka belajar.

Selain untuk membantu apabila ia mau bertanya sesuatu, hal tersebut juga dapat membuat Anda mengetahui cara belajar dan lebih dekat dengan anak.

Selain itu, bila Anda mendampingi anak Anda ketika belajar, mereka akan lebih percaya diri dan senang karena ada Anda yang siap membantunya.

6. Berikan Penghargaan pada Anak

Hal ini memang bukan merupakan hal utama dalam mengatasi anak malas belajar. Namun dengan hal ini  kadang-kadang dapat memancing anak untuk melaksanakan tugasnya dan tidak bermalas-malasan. Namun Anda pun jangan terlalu memberi apa yang anak Anda minta.

Karena apabila Anda salah langkah, anak Anda akan terbiasa dengan pemberian tersebut sehingga selalu mengharapkan imbalan.

7. Berikan Waktu Main

Selanjutnya adalah memberikan waktu main kepada anak.

Anda harus ingat bahwa anak juga sama seperti kita, mereka juga bisa merasa jenuh dan ingin main.

Apalagi memang seorang anak pastinya lebih cenderung gemar bermain dan aktif bergerak sehingga wajar bila mereka merasa bahwa belajar itu membosankan dan membuat jenuh.

Maka Anda harus memberikan waktu main sehingga anak pun merasa senang.

8. Mengulangi Pelajaran yang Diperoleh di Sekolah

Pelajaran yang anak peroleh ketika di Sekolah, dapat membuat anak lupa apabila ia tidak mengulangnya lagi di rumah. Apalagi bila anak sebenarnya tidak memperhatikan apa yang dipelajari karena tidak fokus, lapar, dan sebagainya.

Lebih baik Anda sebagai orang tua juga membantu anak untuk mengulangi pelajaran sehingga bila anak kurang mengerti, ia dapat menanyakan langsung kepada Anda.

9. Belajar Sebelum Tidur

Cara mengatasi anak malas belajar selanjutnya adalah belajar sebelum tidur.

Sebelum tidur, seringkali menjadi waktu yang efektif untuk mengajak anak belajar. Mengapa demikian? Karena sebelum tidur, anak akan memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dan daya ingat yang tajam.

Namun, Anda juga harus tau bahwa belajar sebelum tidur akan membuat anak Anda mudah mengantuk, maka dari itu diperlukan pendampingan.

YUK USAHAKAN ANAK KITA MENJADI SHOLEH & SEHAT, DAMBAAN KELUARGA & PERADABAN! 😊

Dapatkanlah konten-konten ilmu parenting Islami melalui email Anda!

Daftarkan email Anda pada Newsletter Syi’ir!