4 Ciri-Ciri Sahabat yang Baik

Ciri-Ciri Sahabat yang Baik

Bersahabat itu bukan jalinan relasi yang hanya berlaku satu hari, dua hari, ataupun hanya satu minggu saja. Akan tetapi bersahabat itu adalah jalinan relasi yang indah dan diharapkan bisa teruntai selamanya. Karena itu memilih sahabat yang baik sangat penting.


Janganlah kamu asal punya teman yang baik hari ini, kemudian kamu mengaku bahwa dia adalah sahabat kamu. Tidak selalu demikian.

Dalam memilih sahabat juga harus didasarkan pada prinsip, alasan, dan beberapa pertimbangan, supaya pada akhirnya kita tidak memiliki rasa kecewa dalam bingkai persahabatan yang terjalin.

Dalam bersahabat kamu perlu tahu bagaimana tingkah lakunya, dengan siapa pergaulannya, seperti apa sifatnya, seperti apa ibadahnya dan masih banyak lagi hal-hal lain yang juga perlu kamu pelajari soal calon sahabat kamu.

Mungkin rasanya lebih ribet daripada memilih jodoh? Tapi memang ini perlu dan sangat wajib dilakukan. Ada baiknya juga kamu perlu paham seperti apa sih ciri-ciri sahabat yang baik, supaya nantinya kamu juga tidak jadi salah pilih. Dan di sini kita akan mengupas tentang seperti apa ciri-ciri sahabat yang baik secara tuntas!

Ciri-Ciri Sahabat yang Baik

Ada beberapa ciri seorang teman bisa dikatakan sebagai sahabat yang baik. Jika kamu mendapati teman yang seperti itu maka bisa dipastikan ia bisa menjadi sahabat terbaik kamu. Seperti apa ciri-cirinya?

Ciri pertama yaitu…

1. Sahabat yang baik akan memberi nasihat

Iya, kita semua setiap manusia harus saling mengingatkan dalam hal kebaikan, dan menasehati dalam hal kebenaran. Dan ini juga sekaligus menjadi contoh bagaimana kita harusnya bersikap dalam kehidupan.

Sikap yang paling baik sebagai seorang sahabat adalah menasihati. Tentunya nasihat yang diberikan adalah nasihat yang benar, dan tentu nasihat yang tidak menyinggung perasaan ia yang dinasihati.

Artikel Lainnya:  7 Cara Menghadapi Orang yang Membenci Kita

Kalau kamu punya sahabat yang selalu bisa mengajak kamu kepada kebenaran, mengajak kamu untuk berbakti kepada Allah, dan memberikan sikap saling menasihati setiap ada kesempatan, maka tandanya dia adalah sahabat yang paling baik untuk kamu. Sehingga jangan pernah kamu lepaskan. Sulit lho cari sahabat yang seperti dia.

Dan ciri lainnya bahwa seorang sahabat itu adalah sahabat yang baik yaitu…

2. Sahabat itu tidak suka mengumbar

Ya, seperti halnya pakaian dan aurat, pakaian selalu melindungi aurat dari segala macam godaan, dari segala macam fitnah dan dari segala macam perangai buruk yang mungkin menghadang.

Dan seharusnya seorang sahabat berlaku demikian. Karena kalau tidak mungkin ia bukan sahabat yang baik buat kamu. Dan bisa jadi di suatu masa ketika ia tahu kekurangan kamu, kekurangan kamu itu malah yang bakal diumbar dan diinformasikan kepada orang lain. Naudzubillah.

Lantas sudahkah kamu mendapatkan sahabat yang tidak suka mengumbar? Memang tidak mudah mendapatkannya akan tetapi dengan hati yang tulus dan ikhlas mungkin kamu akan segera memilikinya.

3. Sahabat yang baik adalah dia yang saling bahu membahu

Islam mengajarkan untuk saling bahu membahu dalam hal kebenaran dan tolong menolong dalam hal kebaikan. Dan hal ini sudah tercantum di Al-qur’an tinggal kita saja berusaha untuk menjalankannya.

Kalau kamu ingin mencari sahabat yang baik maka pilihlah sahabat yang bisa selalu ada dikala kamu susah dan senang. Jangan bersahabat hanya karena keuntungan materi, tetapi karena hatinya.

4. Jika kamu berkata salah, sahabat yang baik akan membantu memperbaiki

Tak ada manusia yang sempurna dan memang sudah tempatnya jika manusia penuh dengan salah. Melakukan salah sesekali tidak apa-apa, dan ini adalah hal yang wajar, akan tetapi yang tidak diperbolehkan adalah ia yang melakukan salah tetapi tidak segera memperbaiki.

Artikel Lainnya:  5 Alasan Menikah Menurut Islam (Kalau Bukan Karena Ini, Pernikahanmu Bisa Nggak Berkah)

Dan memang terkadang salah itu remang, terkadang ketika kita berbuat salah kita tidak menyadarinya, sehingga butuh orang lain untuk menyadarkannya. Dan jika kamu memang punya sahabat yang baik, maka sahabat itu yang akan selalu menyadarkan kamu dan membenarkan kamu ketika kamu berbuat salah sehingga bisa saling berada di jalan yang lurus.

Itulah beberapa ciri seorang sahabat merupakan sahabat yang baik. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai ciri-ciri sahabat yang baik bermanfaat. Mari selalu berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dan cari sahabat yang memang terbaik untuk langkah dan hidup kamu kawan.

 

Bagaimana menurut Anda?

Komentar

BAGIKAN