Cara Mengurangi Berat Badan, Bagi yang Kebablasan Makan Saat Lebaran Sampai Gemuk, Cocok Praktekkan Nih

Cara Mengurangi Berat Badan
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Seseorang bisa disebut kegemukan apabila:

  • Seorang pria memiliki indeks massa tubuh antara 23-27
  • Wanita dengan BMI antara 25-27
  • Apabila wanita dan pria memiliki BMI lebih dari 27, maka mereka dikategorikan mengalami obesitas.

Kedua-duanya, yaitu kegemukan dan obesitas sangat tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti:

  1. Diabetes
  2. Serangan jantung dan penyakit jantung
  3. Stroke
  4. Gangguan tidur (insomnia), hingga
  5. Darah tinggi (hipertensi)

Ada banyak cara mengurangi berat badan yang bisa dicoba, namun tentu saja cara-cara yang sehat dan benar yang sesuai dengan petunjuk pakar kesehatan adalah yang paling baik. Setidaknya ada 3 hal yang dilibatkan dalam menurunkan berat badan yaitu, a. olahraga atau latihan. b. pilihan makanan dan c. gaya hidup yang dijalankan.

Olahraga

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan olahraga yang tentu saja harus diimbangi diet sehat. Beberapa pilihan olahraga yang bisa membantu melangsingkan tubuh dengan cepat diantaranya adalah:

Cardio

Cardio adalah jenis olahraga yang melibatkan: Jalan cepat atau berlari. Berlari bisa dilakukan dimana saja dan dalam bentuk apa saja mulai dari jogging lari cepat sprint, atau lari menanjak. Dari beberapa pilihan tersebut, lari sprint dan menanjak atau lari naik tangga adalah yang dianggap paling efektif untuk membakar lemak dan kalori.

Berdasarkan penelitian, sprint 60 detik dianggap lebih efektif daripada lari santai 45 menit. Mengapa? Menurut Martin Gibala, seorang Profesor kinesiologi di McMaster University. Sprint adalah olahraga paling singkat yang mampu membakar kalori atau lemak dalam jumlah yang sangat banyak karena untuk melakukannya, tubuh harus mengeluarkan usaha maksimal sehingga, sprint atau lari cepat 1-2 menit mampu menghasilkan efek yang sama dengan berolahraga seperti jalan kaki atau lari santai selama 45 menit-1 jam.

Artikel Lainnya:  Suplemen untuk Meningkatkan Daya Ingat & Kecerdasan Otak

Selain lari cepat, bersepeda dengan mengayuh secepat mungkin juga memiliki efek yang kurang lebih sama. Dari hasil penelitian, orang yang melakukan sprint selama 1-2 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu, dibandingkan dengan orang yang olahraga (melibatkan pemanasan, lari santai, dan pendinginan) selama kurang lebih 50 menit tidak memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal kebugaran kardiovaskular dan sensitifitas insulin.

Senam

Ada banyak jenis senam yang kita kenal dan populer diantaranya adalah:

  1. Senam artistik atau senam gymnastic
  2. Senam akrobatik
  3. Senam ritmik sportif
  4. Senam aerobik
  5. Senam trampolin, hingga
  6. Senam umum seperti senam SKJ.

Tidak banyak yang mengenal dan tahu bahwa sebenarnya ada jenis senam yang lain yang cukup efektif untuk mengurangi berat badan yaitu Senam Tabata.

Senam ini diciptakan oleh Prof. Izumi Tabata dari Ritsumeikan University (1996). Senam ini lebih dikenal dengan sebutan Tabata Workout yang melibatkan latihan olahraga praktis dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat.

Senam ini dilakukan dalam waktu sekitar 4 menit dengan pembagian menjadi 8 x 20 detik latihan intensitas tinggi. Setelah 20 detik kemudian istirahat selama 10 detik. Begitu seterusnya hingga selesai 8 set.

Tujuan senam Tabata diciptakan adalah untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak di tubuh. Membantu meningkatkan perkembangan serabut otot, meningkatkan memori otot serta kecepatan dan kekuatan. Di setiap set Anda bisa memodifikasi atau melakukan berbagai jenis latihan yang berbeda-beda mulai dari squad, angkat beban, berlari, push-up, sit-up, plank, boxing, dll. Pilihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan.

Melakukan senam Tabata selama 4 menit mampu membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan olahraga aerobik 60 menit.

Pilihan makanan

Makanan dikategorikan menjadi dua bagian yaitu makanan sehat dan makanan tidak sehat. Makanan sehat meliputi makanan-makanan yang mengandung kalori, serat, vitamin, mineral dan berbagai kandungan lain termasuk antikanker maupun antioksidan. Makanan-makanan alami (organik) seperti sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, hingga makanan permentasi seperti yoghurt dianggap menyehatkan dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Artikel Lainnya:  Obat Penggemuk Badan Tradisional Cepat: Madu Al-Mabruroh Penggemuk Badan

Beberapa pilihan makanan dan minuman yang dipercaya bisa menurunkan berat badan antara lain:

  • Kopi, terutama kopi hijau tanpa gula.
  • Teh hijau (green tea) tanpa tambahan gula
  • Makanan pedas
  • Makanan yang banyak mengandung serat seperti rumput laut
  • Buah-buahan segar. Hindari jus dan buah-buahan kering yang manis.
  • Berbagai jenis sayur-sayuran hijau dan sayuran berwarna.
  • Beras merah
  • Beras hitam
  • Gandum

Sebaliknya, makanan yang bisa memicu kenaikan berat badan yang dianggap sebagai makanan tidak sehat dan harus dihindari meliputi:

  • Makanan-makanan yang terbuat dari tepung seperti mie, pasta, roti putih, hingga aneka kue.
  • Makanan manis yang banyak mengandung gula termasuk jus yang ditambahkan gula.
  • Buah-buahan kering yang manis dan banyak mengandung gula.
  • Makanan yang padat kalori namun miskin serat seperti nasi dan berbagai bentuk olahannya, serta berbagai jenis kue yang terbuat dari tepung beras.
  • Makanan berlemak seperti lemak daging merah, kulit ayam, hingga makanan yang digoreng (goreng-gorengan).

Gaya hidup

Mengurangi berat badan tidak lepas dari gaya hidup yang kita jalani. Apabila kita mengembangkan gaya hidup tidak sehat, maka hal tersebut juga dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Sebaliknya, jika menjalankan gaya hidup sehat, kita memiliki kesempatan lebih besar menjaga agar berat badan tetap ideal dan bugar.

Di antara gaya hidup tidak sehat yang perlu dihindari adalah:

  • Kebiasaan merokok
  • Minum minuman keras
  • Sering begadang
  • Tidak tidur teratur atau tidak beristirahat teratur
  • Tidak berolahraga
  • Malas bergerak, dan
  • Makan berlebihan.
BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...

Bagaimana menurut Anda?

Komentar