Cara Meningkatkan Kualitas ASI Melalui 6 Makanan Ini

cara meningkatkan kualitas asi

ASI secara alami dapat langsung diproduksi oleh ibu setelah melahirkan. Tidak diragukan lagi, bahwa ASI eksklusif merupakan asupan nutrisi yang paling dibutuhkan bayi selama 6 bulan pertama tumbuh kembang mereka, serta menjadi antibiotik alami untuk memerangi segala penyakit.

Pola makan yang salah pada ibu menyusui tentu saja dapat menjadi penyebab produksi ASI terhambat, sehingga kurang bagus bagi perkembangan buah hati. Sebaliknya, pola makan yang sehat tidak jarang dapat meningkatkan kualitas ASI, sehingga ASI tetap segar, terjaga, dan mengandung nutrisi sempurna.

Nah, berikut ini 5 makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas ASI.

1. Bawang Putih

Sering mengkonsumsi bawang putih ternyata dapat meningkatkan produksi ASI ibu, serta meningkatkan permintaan ASI dari bayi. Cukup perbanyak porsi bawang putih dalam bumbu sayuran ibu untuk mendapatkan ASI yang lebih berkualitas.

2. Bayam

Sayuran hijau adalah bahan makanan andalan untuk meningkatkan suplai susu. Bayam mengandung gizi yang berimbang dan cukup untuk memenuhi nutrisi ibu sepanjang hari. Selain bergizi, bayam juga mudah dicerna sehingga aman bagi lambung.

3. Kacang-Kacangan

Pasokan ASI juga bisa diperbanyak dengan sering-sering ngemil kacang almond, mete, atau kedelai. Kacang-kacangan tersebut merupakan sumber protein sehat yang akan memperkaya nutrisi dalam air susu ibu.

4. Makanan Berwarna Oranye

Ubi jalar, wortel, dan bit adalah beberapa jenis makanan berwarna oranye yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Makanan oranye mengandung zat laktagogum yang dapat membuat ASI lebih lancar, banyak, dan lezat.

5. Daun Katuk

Siapa yang tidak tahu khasiat daun katuk? Daun yang satu ini sudah tersohor sebagai bahan yang dapat memperbaiki kualitas ASI. Daun katuk dapat ditumbuk dan dioles-oleskan di sekeliling payudara. Dapat juga diolah dengan cara direbus, namun usahakan jangan terlalu layu karena zat laktagogum dalam katuk dapat hilang jika direbus terlalu matang.

Artikel Lainnya:  Khasiat Buah-Buahan yang Musim di Indonesia [Infografik]

Bahkan, beberapa suplemen herbal pelancar ASI pun mengandung ekstrak daun katuk.

6. Biji Wijen Hitam

Biji wijen hitam adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Gunakan biji wijen hitam untuk masker bagi payudara Anda. Caranya, campurkan biji wijen dengan parutan kencur, lalu oleskan dengan bentuk lingkaran besar di sekeliling puting.

Selain makanan, ibu menyusui juga sebaiknya sering-sering berjemur matahari pagi selama 15-30 menit, agar kebutuhan vitamin D tetap terpenuhi.

BAGIKAN
Penikmat kopi, musik, dan sastra. Founder @jejakkaki_com, Owner @itemmanis_.

Bagaimana menurut Anda?

Komentar