Sering Bingung Mau Memulai Pembicaraan dari Mana? Coba Dari 8 Hal Ini Aja

cara memulai pembicaraan
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Apakah Anda sering saat bersama seseorang malah diem-dieman aja selama beberapa menit bahkan sampai 1 jam, karena bingung mau ngomong apa?

Saya juga beberapa kali seperti itu, hehehe‚Ķ bingung mau ngomong apa.. jadinya malah sibuk dengan smartphone masing-masing.. ūüėõ

Nah, jika Anda pun demikian, barangkali Anda bisa mencoba memulai pembicaraannya dari 8 hal berikut ini.

1. Apresiasi suatu barang

Bisa Anda bingung banget, bisa Anda coba lihat benda-benda yang ada di kanan dan kiri. Lebih bagus lagi kalau benda itu memang milik lawan bicara Anda tersebut.

Misalnya, saat Anda dan dia sedang berada di mobil, coba saja Anda apresiasi sesuatu ayang ada pada mobil tersebut. Misalnya aksesorisnya, radionya, televisinya, pengharumnya, bantal jok mobilnya, dan sebagainya.

Kalau misalnya di Rumah dia, tentu bisa lebih banyak lagi yang bisa diapresiasi.

Atau, bisa juga apresiasi barang-barang yang ia kenakan, misalnya jaketnya, ‚ÄúBagus yaa ini¬†bahan jaketnya..‚ÄĚ.

Mengapresiasi benda itu merupakan sesuatu yang biasa wajar tidak aneh, sehingga tentu mudah mengatakannya.

2. Tanyakan suatu tempat

Menanyakan di mana suatu lokasi pun merupakan pembicaraan wajar dan tidak terkesan aneh.

Apalagi bila memang ada suatu tempat yang Anda tidak tahu. Seperti misalnya di mana tempat service laptop yang bagus, di mana Rumah seseorang, di mana sebuah toko buku, dan sebagainya.

3. Tawarkan bantuan

Lebih baik lagi dan bahkan dia akan suka bila kita menawarkan bantuan. Ntah itu karena memang dia kesulitan, atau biasa saja tidak kesulitan.

Misalnya saat dia sedang beres-beresin ruangan, coba saja¬†tawarkan bantuan Anda untuk membereskannya. Katakan, ‚ÄúBisa nih kamu mengangkatnya? Coba sini aku bantu..‚ÄĚ

4. Paparkan pendapat Anda mengenai suatu isu yang sedang hangat, kemudian tanyakan kalau pendapat dia gimana?

Ini pun merupakan sesuatu yang biasa, wajar, dan tak terkesan aneh. Silahkan Anda coba cek sekarang isu apa yang sedang hangat dibahas. Yang biasanya ramai di TV ataupun social media.

Misalnya lagi ada kasus kriminal, kebijakan politik yang keliru, dan lain-lain. Coba Anda bahas faktanya, kemudian Anda berikan pendapat Anda pada fakta tersebut. Lalu, Anda coba minta pendapat ke dia, kalau menurut dia kenapa tuh penyebabnya? Dan apa solusinya?

Artikel Lainnya:  4 Ciri-Ciri Sahabat yang Baik

5. Bahas sesuatu tentang rutinitas hariannya

Biasanya rutinitas seseorang itu antara sekolah, kuliah, kerja, bisnis, rumah tangga, dan organisasi, atau yang lainnya.

Tentunya di tiap-tiap aktivitas tersebut ada tujuan yang hendak dicapai, prosesnya, dan kendala-kendalanya. Nah, silahkan Anda coba tanyakan saja hal-hal tersebut.

6. Apresiasi karyanya atau apapun hasil kerjanya

Poin nomor 6 bisa mungkin ada kaitannya dengan poin-poin sebelumnya. Intinya, apresiasi saja apapun yang ia lakukan. Tentu secara wajar, tidak lebay, dan pada tempatnya yaa.

Memang pasti setiap orang memiliki kelebihan, ntah sedikit atau banyak, pasti ada.

Mungkin bisa Anda gali dari rutinitas hariannya yang ada dibahas di poin sebelumnya.

7. Tawarkan peluang terkait rutinitasnya, bila ada

Hal ini masih agak berkaitan dengan poin nomor 5 sebelumnya. Nah, bisa jadi, Anda mengetahui ada suatu peluang yang bagus untuk dia.

  • Misalnya, bagi mahasiswa, ada memberikan informasi seputar beasiswa.
  • Bagi pengusaha, ada memberikan informasi software untuk membantu aktivtas bisnisnya.
  • Bagi ibu rumah tangga, ada memberikan informasi barang bagus ataupun tips-trik bagus untuk membantu aktivitas rutin¬†di Rumah.
  • Dan lain-lainnya‚Ķ

8. Ceritakan masalah Anda, bila bisa dipastikan atau kemungkinan besar dia mampu memberikan solusinya

Nah ini merupakan satu hal yang bisa jadi disukai oleh kedua belah pihak, baik Anda maupun lawan bicara Anda.

Sekiranya Anda punya masalah, yang Anda kira dia memang mahir pada bidang masalah itu, coba Anda curhatkan masalah tersebut ke dia, dan coba minta solusinya.

Maka normalnya dia akan bersemangat menceritakan solusi-solusinya, karena memang itu bidang keahliannya, hobinya, apalagi memang rutinitas hariannya.

Tentunya setelah sudah Anda pastikan bahwa memang dia mampu membantu memberikan solusi. Karena kalau ternyata dia tidak mampu, bisa jadi justru malah dia bingung menanggapi curhat Anda, hehehe…

Artikel Lainnya:  Deg-Degan Pertama Kali Mau Ketemu Camer? 8 Tips Ini Bakal Membantu Banget!

Nah, setidaknya, begitulah 8 tips memulai pembicaraan dengan seseorang, sekiranya Anda bingung mau ngomong apaan. Semoga bermanfaat yaa..

Oh iya,¬†silahkan Anda share artikel ini ke teman-teman Anda yang membutuhkan. ūüôā

Bagaimana menurut Anda?

Komentar

BAGIKAN
Mufakir adalah seorang otaku tobat yang merasa dirinya masih belum banyak bermanfaat bagi orang lain, dan berusaha selalu ingin bermanfaat bagi orang lain. Baginya sukses itu sederhana, yaitu hari ini lebih baik dari hari kemarin. Passion menulis artikel seputar motivasi dan produktivitas.