7 Tips Agar Sepatu Tidak Bau, Jangan Sampai Orang Lain Merasa Kebauan Terus Gara-Gara Kita

Tips Agar Sepatu Tidak Bau
Sumber ilustrasi: Pixabay.com

Kita sering pergi ke suatu tempat dimana ada rak sepatu dan kemudian mencium bau tidak enak dari sepatu-sepatu tersebut.

Sepatu yang berbau tidak hanya menyebabkan udara di sekitarnya menjadi tidak nyaman untuk dihirup, melainkan juga dapat menyebabkan kaki penggunanya ikut berbau. Atau sebaliknya, kaki yang bau juga dapat mengakibatkan sepatu menjadi bau.

Ini adalah masalah yang paling umum. Banyak orang mencoba tidak peduli dengan masalah tersebut, namun tidak sedikit juga orang yang lebih peduli, mencoba, dan berusaha untuk mengenyahkan bau sepatu atau paling tidak menguranginya.

Mengetahui penyebab mengapa kaki atau sepatu menjadi bau adalah cara terbaik untuk mencegah bau sepatu.

Apa yang menyebabkan sepatu berbau?

1. Bakteri

Bakteri adalah penyebab utama mengapa sepatu berbau.

Biasanya bakteri akan muncul akibat kondisi yang lembab atau basah. Yang secara otomatis juga akan menempel di kaki pengguna, apabila tidak dilindungi dengan kaos kaki.

2. Keringat

Alaminya, apabila kaki dibungkus dengan sesuatu, maka rasa kaki akan menjadi hangat serta kesulitan bernafas sehingga kaki akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan dirinya.

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, sesuatu yang basah atau lembab dapat menyebabkan bakteri berkembangbiak.

Begitu juga dengan keringat yang yang berasal dari kaki, akan menyebabkan bakteri cepat berkembang.

3. Masalah kesehatan kaki

Selain dua penyebab di atas, sepatu bau juga disebabkan karena adanya masalah pada kaki, misalnya apabila terdapat luka atau infeksi.

Cara mengatasi sepatu bau

Cara efektif untuk menghilangkan bau sepatu yang bisa Anda coba diantaranya adalah:

1. Menggunakan kaos kaki

Tidak ada yang bisa membantu mencegah bau sepatu lebih efektif dan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan kaos kaki.

Jika kaki Anda cenderung berkeringat secara berlebihan, maka menggunakan kaos kaki yang mampu menyerap keringat, yaberkemban, dan tidak menyebabkan kaki kepanasan adalah yang paling tepat.

Jadi, saat memilih kaos kaki, perhatikan juga kualitas dan bahan yang digunakan untuk kaos kaki tersebut.

Artikel Lainnya:  Cara Membasmi Tikus Rumah dengan Efektif

Kaos kaki yang lembut dan terbuat dari bahan katun serta memiliki rongga-rongga, yang dapat membantu agar kaki tetap bisa bernafas, adalah pilihan kaos kaki yang terbaik. Yang perlu diperhatikan :

  • Pastikan kaki dan sepatu Anda dalam keadaan kering sebelum dikenakan.
  • Gunakan hanya kaos kaki yang bersih.
  • Setelah digunakan, biasakan mencuci kaos kaki. Tidak dianjurkan menggunakan kaos kaki berturut-turut selama beberapa hari.

2. Gunakan sepatu yang tepat, yang tidak menyebabkan kaki mudah berkeringat dan bau

Pilih ukuran sepatu yang pas . Salah satu poin penting mencegah kaki berkeringat dan tidak nyaman adalah ukuran sepatu. Apabila sepatu kekecilan dan sempit, biasanya hal tersebut menyebabkan kaki menjadi mudah lelah, kepanasan, dan akhirnya berkeringat.

Jika kaki Anda memiliki bentuk yang berbeda dengan kaki kaki pada umumnya, maka pilihlah sepatu yang paling tepat atau paling tidak, cobalah menemukan pembuat sepatu untuk meminta dibuatkan sepatu dengan ukuran khusus.

Karena apabila dibiarkan, dalam jangka panjang masalah ini tidak akan pernah selesai dan justru dapat menyebabkan kaki menjadi sakit setiap kali Anda menggunakan sepatu.

3. Cari sepatu yang menyediakan ventilasi

Jenis sepatu yang didesain untuk memberikan ruang bernafas bagi kaki adalah ide revolusioner untuk mengurangi bau dan keringat dari kaki.

Beberapa jenis kain yang baik sebagai ventilasi atau untuk memudahkan kaki bernafas diantaranya adalah: kain berbahan katun, linen, kulit, dan rami.

4. Jangan gunakan sepatu yang panas atau hangat

Kadangkala kita menjemur sepatu untuk mengeringkannya atau untuk mengurangi baunya.

Menggunakan sepatu langsung, sesaat setelah di panaskan di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kaki merasa hangat atau panas sehingga mengeluarkan keringat berlebihan.

Hal ini juga akan memicu munculnya bakteri penyebab bau sepatu. Jadi, sebelum digunakan, biarkan sepatu tersebut dingin terlebih dahulu.

5. Gunakan baking soda

Baking soda adalah benda di dapur yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau sepatu.

Artikel Lainnya:  Mantap! Patut Dicoba Nih! Pisang yang Kusam Bisa Jadi Kuning Segar Kembali dengan Cara Ini

Cara menghilangkan bau sepatu dengan menggunakan baking soda cukup mudah yaitu,

  • Setelah sepatu digunakan, taburi sedikit baking soda ke bagian dalamnya.
  • Biarkan baking soda tersebut di dalam sepatu semalaman.
  • Bersihkan baking soda di pagi hari, terutama sesaat sebelum sepatu digunakan.

6. Rawat kaki Anda

Kebersihan pribadi, terutama kebersihan kaki juga perlu dijaga agar tidak berbau.

Cucilah kaki setiap hari dengan menggunakan sabun anti mikroba atau sabun antibakteri. Saat mencuci dan membersihkan kaki dengan menggunakan sabun anti bakteri, biarkan kaki berbusa selama beberapa saat sebelum kemudian dibilas.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika mencuci kaki dengan menggunakan sabun adalah, biasanya kaki akan berubah menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa melembabkan kaki sesaat setelah dicuci dan dikeringkan. Lembabkan kulit kaki yang kering menggunakan pelembab non parfum.

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan merendam kaki di dalam air hangat yang dicampur dengan cuka. Caranya,

  • Sediakan terlebih dahulu air yang agak panas, sepanas yang bisa Anda tahan.
  • Campurkan air panas tersebut dengan cuka. Perbandingannya adalah 1:1.
  • Lakukan 3 kali seminggu. Setiap kali merendam, rendamlah selama kurang lebih 20 menit.

7. Cuci sepatu secara teratur

Paling tidak, Anda harus punya 2-3 sepatu yang bisa digunakan secara bergantian untuk mencegah agar sepatu tidak bau.

Gunakanlah sepatu hanya maksimal 1-2 hari lalu kemudian diistirahatkan atau dicuci. Saat mencuci sepatu, pastikan deterjen yang digunakan harus benar-benar hilang saat dibilas.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba agar sepatu tidak bau. Jika cara di atas masih belum menghasilkan perubahan yang signifikan, Anda bisa membantu meredam bau sepatu dengan menggunakan bedak bayi.

Sebelum menggunakan kaos kaki, taburkan bedak bayi di seluruh permukaan kaki baik di telapak kaki maupun di sela-sela jari.

Setelah itu gunakan kaus kaki dan dan ikuti dengan menaburkan bedak bayi pada bagian dalam sepatu.

BAGIKAN
Reyigh Pakaldolok
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Dan salah satu cara menjadi manusia yang bermanfaat adalah dengan menulis. InsyaAllah...